Translate

Kamis, 01 November 2012

Tips Mengurangi Resiko Penyakit Jantung


Apa yang terbayang ketika ada seseorang yang mengatakan kata “SAKIT JANTUNG”? Mungkin, kita langsung membayangkan yang seram-seram. Lalu bagaimana sih cara untuk mengurangi resiko penyakit jantung? Sekarang saya akan menuliskan beberapa tips untuk mengurangi resiko penyakit jantung yang pernah saya baca, sebagaimana sebagai berikut.

v  Minum teh hijau.

Teh hijau mengandung antioksidan yang berguna untuk menurunkan kadar kolestrol. Minumlah dua cangkir teh hijau setiap hari. Panas atau dingin sama nikmatnya.

v  Pelajari label makanan

Sebuah penelitian di Amerika menyebutkan bahwa orang yang rajin meneliti label makanan, dapat memangkas asupan kalori hingga sebanyak 50%. Hindari makanan yang tinggi gula, lemak dan kalori.

v  Makan ala Italia

Orang Italia, sangat suka menambahkan minyak zaitun murni ke dalam hidangannya. Tidak heran jika jantung mereka sehat. Minyak zaitun kaya akan MUFA (monounsaturated fatty acid atau asam lemak tak jenuh tunggal) yang dapat menaikkan kadar lemak baik dan menurunkan kadar lemak jahat.

v  Konsumsi gandum

Banyak studi menyimpulkan bahwa semakin banyak serat yang kita konsumsi, semakin kecil resiko terkena gangguan jantung. Gandum adalah sumber karbohidrat dan serat yang baik. Saat membelinya pilihlah yang berlabel “whole grain” atau “whole wheat”.

v  Makan ikan

Asam lemak tak jenuh ganda yang ada pada ikan, terutama ikan laut seperti salmon dan tuna, mampu meningkatkan vitalitas jantung. Menurut American Heart Association, makan dua porsi ikan setiap minggu dapat mengurangi resiko jantung hingga sebesar 52%.

v  Minum jus murni

Jus jeruk mengandung asam folid yang dapat menurunkan kadar homocysteine, yaitu sejenis asam amino yang dapat membahayakan jantung. Pilihan sehat lainnya adalah jus anggur karena mengandung banyak antioksidan polifenol.

v  Tambah porsi sayuran

Makanlah minimal lima porsi sayur setiap hari. Ragamkan jenisnya supaya manfaatnya semakin maksimal.

v  Ngemil kacang-kacangan

Konsumsi 100 gram kacang per minggu bisa menurunkan resiko sakit jantung hingga -nya. Kacang-kacangan mengandung serat dan asam lemak tak jenuh ganda.

v  Jalan kaki 20 menit sehari

Harvard University menyarankan kita untuk berolahraga selama minimal 2,5 jam per minggu. Bila dibagi rata, artinya kita perlu berjalan kaki sedikitnya 20 menit sehari.

v  Sarapan roti

Banyak dari kita punya kebiasaan menyantap roti di pagi hari. Terkadang pakai mentega atau susu. Supaya lebih sehat, cobalah untuk menyantap roti dengan minyak zaitun.

v  Makan kacang kedelai

Kacang kedelai mengandung fitoestrogen, senyawa mirip hormone estrogen yang mampu menurunkan resiko berbagai penyakit berat. Salah satunya adalah sakit jantung.

v  Gunakan bawang putih sebagai bumbu

Bentuknya kecil tapi manfaatnya besar. Satu siung atau sekitar 300 mg bawang putih mampu menyehatkan jantung dengan tiga cara, yaitu mencegah penggumpalan dan kerusakan pembuluh darah, serta menurunkan kolestrol.

v  Cukup tidur

Bagi yang terbiasa kurang tidur, usahakan menambah jam tidur satu jam setiap hari. Penambahan waktu satu jam itu dapat mengurangi resiko penyumbatan pembuluh darah sebesar 33%.

v  Perbanyak aktivitas

Orang yang aktif sepanjang hari akan lebih sehat ketimbang mereka yang hanya berolahraga selama 30 menit lalu duduk seharian di depan komputer.

v  Jauhi stress

Salah satu penyebab stress terbesar adalah jika kita tidak mengikuti kata hati.

v  Meditasi

Saat bermeditasi kita harus fokus dan melupakan segala beban pikiran. Walhasil, tekanan darah akan turun dan jantung akan berdetak lebih teratur. Setiap hari selama 5-10 menit, usahakan untuk menjauhkan diri dari keramaian. Lalu bermeditasilah.

v  Dekatkan diri kepada Tuhan

Bloomberg School of Public Health bersama dengan John Hopkins University pernah melakukan penelitian mengenai hubungan antara kegiatan keagamaan dengan kesehatan mental dan fisik. Disimpulkan oleh para ahli, orang yang rajin beribadah terbukti hidup lebih tenang dan jauh dari stress. Selain itu, tidur mereka juga lebih berkualitas.

v  Hindari perselisihan

Ikatan yag kuat antara kita dengan keluarga dan teman-teman dapat mengurangi kecemasan dan depresi. Dua faktor ini dapat mempertinggi resiko tekanan darah dan serangan jantung. Supaya hubungan baik tetap terjalin, hindarilah perselisihan dan luangkan waktu sesekali untuk mengobrol dan bercanda bersama.

v  Konsumsi minyak ikan

Dari sekian banyak penelitian terhadap suplemen, satu-satunya yang konsisten memberi efek positif bagi jantung hanyalah minyak ikan.

v  Makan dark chocolate

Sama seperti anggur, para ahli menemukan bahwa dark chocolate juga banyak mengandung flavonoid, sahabat bagi jantung.

v  Jauhi para perokok

Banyak penelitian mengungkapkan, perokok pasif punya resiko sakit jantung 80-90% lebih besar dengan perokok aktif. Paparan asap rokok meski hanya beberapa menit, akan menimbulkan efek merugikan yang sama besarnya dengan efek merokok selama bertahun-tahun.

v  Santaplah pisang

Untuk menurunkan tekanan darah tinggi, ternyata kita tidak cukup hanya mengurangi asupan sodium. Kita juga dianjurkan untuk meningkatkan konsumsi potassium. Potasium mampu membantu mengeluarkan sodium dari dalam darah. Beberapa makanan yang tinggi kandungan potassium adalah pisang, tomat, yogurt dan kentang panggang.

v  Kurangi gula

Orang yang mengonsumsi 74 gram fruktosa, beresiko mengalami penyumbatan pembuluh darah 87% lebih tinggi dibanding mereka yang jarang mengonsumsinya. Fruktosa adalah sejenis pemanis atau gula yang banyak digunakan dalam minuman bersoda. Para ahli percaya, fruktosa dapat menyebabkan pembengkakan pembuluh darah. Untuk mengurangi asupan froktosa, kita harus berhenti meminum minuman bersoda. Ganti dengan minuman lain yang lebih sehat seperti jus murni atau lebih baik lagi air putih.

v  Tertawalah

Tertawa tidak dapat menggantikan manfaat pola makan sehat dan olahraga rutin. Tetapi, tertawa terbahak-bahak bisa membuat kita lebih rileks, menurunkan tekanan darah, serta membantu jantung menjadi lebih sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda dan pergunakanlah kata yang sopan. ^^
Terima kasih atas kunjungannya. ^^