Translate

Kamis, 08 November 2012

Manfaat Jalan Kaki


Berjalan kaki dianjurkan sebagai salah satu kegiatan untuk membantu menurunkan berat badan. Semakin jauh jarak yang kita tempuh, kalori yang terbakar pun semakin banyak. Bila ingin lebih banyak lagi, cukup tingkatkan kecepatan langkah.

            Orang yang rajin berjalan kaki, punya daya pikir yang lebih baik dibanding mereka yang jarang beraktivitas fisik. Ini karena sirkulasi darah selalu lancar, sehingga aliran oksigen ke otak tak pernah terhambat.

            Menurut ahli saraf Kristine Yaffe, MD, wanita berusia lanjut yang sudah menjalankan rutinitas berjalan selama bertahun-tahun, tidak akan mudah pikun. Fakta ini didapat dari studi yang dilakukan para peneliti di University of California di San Fransisco, pada hampir 6000 wanita berusia lanjut.

            Manfaat berjalan kaki hampir sama dengan jenis olahraga lainnya. Para ahli mengatakan, resiko kita terkena diabetes, stroke, hipertensi, hingga osteoporosis akan menurun, jika rajin berjalan kaki setiap hari. Wanita yang berjalan 30 menit per hari atau hingga tiga jam per minggu resikonya untuk sakit jantung berkurang hingga 40%. Selain itu, rutinitas berjalan kaki membuat jantung dan paru-paru selalu sehat, sehingga kemampuan kardiovaskular kita baik. Olahraga ini termasuk kategori Weight-bearing, artinya berpengaruh dalam meningkatkan kepadatan tulang.

15 komentar:

  1. Wah harus mulai rajin jalan kaki nih.. Makasih banget infonya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama :)
      Saya setuju dengan apa yang kamu katakan.
      Nah, mulai sekarang biasakanlah rajin jalan kaki, karena jalan kaki banyak manfaatnya. Bukan hanya bisa menurunkan berat badan saja, tetapi juga bisa meningkatkan energi, menyehatkan otak dan memperkuat tulang.

      Hapus
  2. Woah, kali gitu gua jalan aja biar kurus.

    BalasHapus
  3. mkasih yaa informasinya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  4. Terimakasih telah menjadi sumber referensi artikelku, :-)
    mampir ya di, fmizar.blogs.com dan sehatpikiran.blogspot.com

    BalasHapus
  5. salah tulis, fmizar.blogspot.com maksudnya :-)

    BalasHapus
  6. terimakasih atas artikelnya, artikelnya bagus dan sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  7. wow,, mantap bener artikelnya gan. thanks ya.. sangat bermanfaat..

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar anda dan pergunakanlah kata yang sopan. ^^
Terima kasih atas kunjungannya. ^^