Translate

Sabtu, 29 Desember 2012

3 Tips Ringankan Derita Diabetes

Derita diabetes bisa diringankan dengan menjalani berbagai hal berikut ini :

1. PEMERIKSAAN KAKI
Penyandang diabetes kerap mengalami masalah luka tak kunjung sembuh pada kakinya. American Diabetes Association menganjurkan pasien diabetes untuk melakukan pemeriksaan tahunan oleh dokter. Pemeriksaan itu meliputi penggunaan tembakau, pemeriksaan mata, fungsi ginjal, saraf dan tekanan darah. Termasuk juga pemeriksaan tulang dan otot kaki, apakah mati rasa atau tidak.

2. OLAHRAGA UNTUK CEGAH GANGGUAN SARAF
Terkadang, diabetes berujung pada gangguan sistem saraf di salah satu kaki atau tangan. Gangguan ini disebut Peripheral Neuropathy (PN). Jika dibiarkan, PN akan semakin parah dan akhirnya penderita harus diamputasi.Penelitian di Amerika menemukan bahwa penderita diabetes yang rajin berolahraga, berisiko rendah terserang PN. Bagi mereka yang sudah terkena, rajin berolahraga dapat mencegah PN bertambah parah. Olahraga yang disarankan adalah jalan kaki.

3. DIET UNTUK WANITA HAMIL DENGAN DIABETES
Wanita hamil dengan diabetes dianjurkan untuk menjalankan pola makan khas diabetes dan penggunaan obat oral. Kebutuhan kalori wanita hamil tidak sama dengan wanita normal, sekalipun wanita itu menderita kencing manis. Jumlah kalori yang diperlukan = berat badan x (25 sampai 30) kalori + ekstra 200-300 kalori. Dengan syarat khusus, yaitu minimal 200 gr hidrat arang dan protein sebanyak 1,5-2 gr/kg per kilogram berat badan.

2 komentar:

Silahkan tinggalkan komentar anda dan pergunakanlah kata yang sopan. ^^
Terima kasih atas kunjungannya. ^^