Translate

Senin, 03 Desember 2012

Arapaima Gigas


 


Apakah kalian pernah mendegar kata “ikan arapaima gigas”? Jika belum pernah, kebetulan banget nih, karena kali ini saya akan memposting tentang ikan arapaima gigas. Silahkan dibaca J
Ikan arapaima gigas merupakan ikan air tawar yang berukuran besar. Ikan ini berasal dari perairan Amerika Selatan. Ikan ini dikenal dengan sebutan ikan pirarucu (Brazil), paiche (Peru).
Sekilas, arapaima gigas terlihat mirip dengan ikan Arwana. Ikan ini memang satu family dengan ikan arwana, yaitu family Osteoglossidae. Bedanya, penampang tubuh ikan arapaima lebih bulat, sedangkan tubuh ikan arwana pipih. Kepala arapaima lebih lancip dan ceper. Ikan arapaima dewasa bisa mencapai panjang 2 – 2,5 m. Sedangkan beratnya mencapai 100 kg.
Ikan arapaima bernapas dengan mengambil udara secara langsung. Karenanya, ikan ini harus muncul ke permukaan air setiap 5 – 20 menit sekali untuk menghirup udara. Ikan arapaima muda, biasanya muncul ke permukaan setiap 5 menit sekali, sedangkan ikan dewasa muncul setiap 15 – 20 menit sekali.
Ikan arapaima tergolong karnivora. Makanannya adalah ikan-ikan kecil, udang, kepiting atau lobster. Ia juga suka berburu hewan-hewan lain di sekitar sungai, terutama burung. Ikan ini memiliki cara makan yang unik, yaitu saat menyambar makanannya ia bisa menimbulkan suara keras seperti suara orang yang memukul pintu dengan martil.
Ikan ini juga mempunyai kemampuan unik yaitu ketika musim kemaram atau ketika air semakin sulit, ikan ini akan menggulung tubuhnya dan membenamkan tubuhnya sedalam mungkin di dalam lumpur hingga musim hujan tiba.
Ikan arapaima banyak diburu manusia untuk dijadikan santapan. Namun, pemerintah Brazil sudah melarang penangkapan ikan ini untuk tujuan komersil. Sekarang, ikan arapaima banyak dijadikan ikan peliharaan. Terutama karena ukurannya yang besar dan warna sisiknya yang indah. 

2 komentar:

  1. bagus juga...
    banyak manffaatnyaa,,,
    aku jadi lebih tau...
    thank ya...

    BalasHapus
  2. makasih info nya, hmm keren juga ikan nya

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar anda dan pergunakanlah kata yang sopan. ^^
Terima kasih atas kunjungannya. ^^