Translate

Senin, 03 Desember 2012

Cerpelai




Binatang yang hidup di kutub memang istimewa. Selain bisa bertahan di suhu yang dingin, mereka juga memiliki cara bertahan hidup yang unik. Nah, hewan yang satu ini bisa berubah warna bulunya sesuai musim. Dialah cerpelai.
Cerpelai adalah binatang karnivora yang hidup di kawasan kutub di wilayah Amerika Utara, Asia dan Eropa. Cerpelai dalam bahasa Inggris dinamakan Stoat. Nama ilmiahnya adalah Mustela Erminea. Ia juga sering disebut musang berekor pendek. Ia memangsa kelinci, serangga kecil, hewan pengerat, ampibi dan burung. Cerpelai menggunakan cakar kakinya yang kuat dan gigi-giginya yang tajam untuk melumpuhkan mangsanya.
Matanya bulat, hitam dan sedikit menonjol. Kumis berwarna coklat atau putih dan sangat panjang. Telinganya pendek, bulat dan berbaring hampir rata dengan tengkorak. Kaki-kakinya memiliki lima jari dan masing-masing jarinya bercakar cukup kuat. Cakar ini digunakan untuk menggali. Kaki depan lebih kecil daripada bagian belakang, gunanya untuk membantunya masuk ke lobang yang kecil.
Cerpelai memiliki leher memanjang, sehingga kepala tampak menjulur jauh di depan bahu. Tubuh cerpelai panjangnya rata-rata 170 – 325 mm. Ekornya sepanjang 65 – 120 mm. Beratnya 500 – 1500 gram. Jenis jantan lebih bear daripada jenis betina.
Yang istimewa dari cerpelai adalah warna bulunya yang selalu berubah sesuai musim dan lingkungannya. Pada musim semi dan musim panas, cerpelai berwarna coklat dengan perut putih dan hitam pada ujung ekor. Sedangkan di musim dingin dan bersalju, bulunya berubah menjadi berwarna putih kecuali ujung ekornya yang tetap hitam.

1 komentar:

  1. wahhh bagus banget nih info :) baru tau kalau ada binatang itu,makasih

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar anda dan pergunakanlah kata yang sopan. ^^
Terima kasih atas kunjungannya. ^^