Translate

Kamis, 27 Desember 2012

Pencegahan Diabetes

Pencegahan terhadap diabetes terdiri dari tiga tahap sesuai dengan kondisi masing-masing orang. Tahap-tahapnya sebagai berikut.

PENCEGAHAN PRIMER
Pencegahan ini untuk mereka yang berisiko tinggi tapi belum terkena diabetes. Pencegahan dilakukan dengan cara menjalankan pola hidup sehat. Rajin dan rutin berolahraga, hidup teratur, konsumsi makanan rendah lemak dan kaya serat, jauhi rokok, alkohol dan makanan atau asupan tidak sehat lainnya.

PENCEGAHAN SEKUNDER
Pencegahan ini untuk mereka yang sudah terkena diabetes tetapi belum ada komplikasi. Artinya, jantung dan ginjal masih berfungsi baik dan belum ada gangguan saraf dan stroke. Pencegahan dilakukan dengan cara memonitor gula darah, minum obat sesuai anjuran dokter, melakukan pemeriksaan untuk mengontrol penyakit peserta diabetes (hipertensi, kolesterol dan jantung).

PENCEGAHAN TERSIER
Pencegahan ini untuk mereka yang sudah mengalami komplikasi kronis, pencegahan dilakukan agar tidak terjadi kecacatan. Misalnya bila sudah ada luka pada kaki, sebaiknya pasien diabetes segera berkonsultasi ke dokter untuk diupayakan penyembuhannya, supaya terhindar dari amputasi.

Hanya itu saja yang dapat saya share kali ini. Semoga bermanfaat :)

1 komentar:

Silahkan tinggalkan komentar anda dan pergunakanlah kata yang sopan. ^^
Terima kasih atas kunjungannya. ^^