Translate

Senin, 17 Desember 2012

Tips Menurunkan Kadar Kolesterol

1. Minimalkan konsumsi makanan berlemak
    Lemak jenuh ditemukan dalam susu penuh lemak, daging merah dan beberapa minyak seperti kelapa sawit dan kelapa. Sebagai gantinya pilihlah lemak yang sehat untuk jantung, seperti minyak zaitun.
2. Makan kacang
    Makanlah segenggam kacang sehari atau sekitar 2 ons, karena terbukti signifikan menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) dan trigliserida.

3. Batasi makan makanan yang mengandung phytochemical
    Phytochemical atau yang disebut dengan pitosterol ditemukan dalam minyak jagung dan kedelai yang dapat memblokir penyerapan kolesterol. Meskipun makanan tersebut baik, tetapi jangan berlebihan mengkonsumsinya atau sekitar 1,3 gram sehari.

4. Daging Murni
    Pastikan saat mengonsumsi atau memasak daging merah, Anda menyingkirkan bagian lemaknya. Selain mengurangi asupan lemak yang menggemukkan tubuh, kolesterol jahat pun berkurang.

5. Karbohidrat Rendah
    Agar jantung tetap sehat, hindarilah makan karbohidrat tinggi. Saat karbohidrat tinggi ada dalam tubuh, glukosa pun naik dan meningkatkan risiko diabetes. Sebaiknya konsultasikan dulu kepada dokter mengenai diet karbohidrat ini.

6. Penuhi kebutuhan serat
    Makanan yang mengandung serat larut adalah gandum, buah plum dan kacang-kacangan atau mengonsumsi suplemen serat. Serat akan mengikat kolesterol dalam saluran usus dan mengeluarkannya dari tubuh Anda.
Cobalah untuk mendapatkan 25-30 gram serat setiap hari atau dengan makan 6-11 porsi buah dan sayuran setiap hari.
7. Buang Air Rutin
    Orang sering mengira tubuhnya mengalami gangguan padahal makanannya cukup dan bergizi. Ada hal yang terlupakan, yakni buang air. Saat tubuh dimasuki makanan, maka ia pun harus seimbang dalam pengeluaran. Dalam beberapa kasus, tidak lancar buang air besar akan mengganggu penyerapan gizi dan menimbulkan migrain.
8. Olahraga
    Sebuah studi tahun 2009 di North Carolina University terhadap lebih dari 8.000 menemukan bahwa orang yang berolahraga ringan selama 30 menit dalam beberapa hari seminggu dapat menurunkan tingkat trigliserida dan meningkatkan HDL (kolesterol).

9. Jaga berat badan Anda
    Berat badan ekstra di perut meningkatkan risiko penyakit jantung terutama jika Anda menderita hipertensi dan kadar gula darah tinggi. Kelebihan berat badan juga cenderung meningkatkan jumlah LDL (kolesterol jahat) dalam darah.

10. Atasi Stres      
     Stres yang tinggi dapat meningkatkan kadar kolesterol Anda. Pada tahun 2007, peneliti di Oregon State University menemukan bahwa peserta studi yang mampu mengatasi stresnya, memiliki tingkat HDL (kolesterol baik) yang lebih tinggi.

3 komentar:

  1. wah dini blog nya keren trus info nya juga bagus,nati deh kalu aku udah kena kolestrol aku baca lagi (jangan sampe) trus kenapa harus ada daun nya sih ngebala tau hehehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu bukan daun melvi, tapi efek bunga sakura jatuh.
      Terima kasih ya, untuk apresiasinya dan juga makasih sudah mengunjungi Dini's Blog. Semoga bermanfaat :)

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar anda dan pergunakanlah kata yang sopan. ^^
Terima kasih atas kunjungannya. ^^