Translate

Kamis, 20 Desember 2012

Mengenal Diabetes dan Gejalanya


“Diabetes itu apa sih pa?” itulah pertanyaan saya 10 tahun yang lalu sebelum ayah saya meninggal. Maklumlah saya bertanya seperti itu, karena ayah saya kan terkena penyakit diabetes semenjak dua tahun sebelum saya lahir. Makanya keinginan saya untuk mengetahui lebih detail tentang penyakit yang satu ini sangat besar sekali, karena saya berisiko diabetes. Saya takut jika harus mempunyai penyakit yang sama dengan ayah saya, eh kok jadi curhat sih :D. Next, kita langsung to the point aja ya :D

Diabetes adalah kumpulan gangguan yang diakibatkan meningkatnya gula darah di dalam tubuh. Peningkatan gula darah terjadi karena kurangnya hormone insulin atau fungsi insulin yang kurang baik. Diabetes tidak Cuma terdiri dari satu jenis saja, lho! Dalam dunia kedokteran, diabetes dibagi menjadi empat macam. Lalu apa saja yang empat macam tersebut? Mari kita simak bersama-sama di bawah ini!

·         DIABETES TIPE 1

Diabetes ini terjadi pada usia muda (di bawah 20 tahun) atau usia anak-anak. Penyebabnya adalah sistem kekebalan tubuh yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Sehingga pancreas tidak dapat menghasilkan insulin dengan baik. Maka itu, penderita diabetes tipe 1 sangat bergantung pada injeksi insulin.

·         DIABETES TIPE 2

Penyebab diabetes ini adalah usia dan gaya hidup yang tidak sehat seperti kurang olahraga, suka makanan berkalori tinggi, stress, obesitas, dan genetic atau memiliki keluarga dengan riwayat diabetes, jantung, dan gangguan kolesterol.

·         DIABETES TIPE 3

Dulu, kebanyakan diabetes tipe 3 menyerang di usia 45 tahun ke atas. Tapi sekarang diabetes ini sudah menjangkau usia lebih muda, yaitu di usia 30-an. Diabetes tipe 3 bisa menyerang siapa saja, baik pria maupun wanita. Selain faktor usia, diabetes tipe 3 dipicu oleh gaya hidup yang tidak sehat yang menahun.

·         DIABETES PADA KEHAMILAN

Diabetes ini berhubungan dengan kadar gula darah yang cenderung meningkat di masa kehamilan. Oleh karena itu, risiko diabetes pada wanita hamil lebih besar dibanding padawanita yang tidak hamil.

Memahami suatu penyakit berarti harus memahami gejalanya juga. Pemahaman terhadap gejala diabetes dapat mencegah penyakit ini menjadi kronis. Keempat tipe diabetes di atas memiliki gejala sebagai berikut.

1.       GEJALA KHAS. Ditandai dengan poliuri (banyak buang air kecil), polifagi (banyak makan), dan polidipsi (sering haus), disertai penurunan berat badan yang tidak jelas sebabnya. Misalnya, sering lapar dan banyak makan, tapi berat badan tetap turun dan badan terasa lemas.

2.       GEJALA TIDAK KHAS. Ditandai dengan kesemutan di ujung jari kaki dan tangan dan pandangan mata agak kabur. Pada wanita, sering disertai keputihan. Keputihan menandai adanya infeksi Memang penyandang diabetes rentan terhadap paparan kuman. Kuman sendiri cenderung suka pada sesuatu yang manis. Pada laki-laki, komplikasinya bisa berupa gangguan ereksi. Gejala lainnya: timbul komplikasi dengan organ tubuh lain, seperti jantung. Komplikasi ini menimbulkan gejala berupa rasa nyeri di bagian dada.

Hanya itu saja info yang dapat saya berikan kali ini, semoga bermanfaat :)

1 komentar:

Silahkan tinggalkan komentar anda dan pergunakanlah kata yang sopan. ^^
Terima kasih atas kunjungannya. ^^