Translate

Senin, 04 Maret 2013

Apatosaurus




Apatosaurus hidup sekitar 150 juta tahun lalu pada zona waktu geologis, yaitu Periode Jura. Apatosaurus, sebelumnya dikenal dengan Brontosaurus atau kadal guntur. Hewan darat ini panjangnya lebih dari 21 meter, beratnya bisa mencapai 30 ton, dan tingginya hampir sama dengan bangunan berlantai tiga.
Bentuk paling menonjol dari Apatosaurus adalah leher dan ekornya. Dia memiliki leher sepanjang 6 meter dan diseimbangkan oleh ekor sepanjang 9 meter. Lehernya yang panjang membuat Apatosaurus mampu menggapai puncak pepohonan di hutan untuk mengambil dedaunan atau memasukkan kepalanya ke dalam rumpun pepohonan dari luar. Ekornya terbentuk dari 82 buah tulang belakang yang saling mengunci dan digunakan sebagai senjata seperti cambuk. Dia memiliki sepasang tulang pada bagian bawah ekornya untuk melindungi bagian ekor yang lunak ketika diseret.
Walaupun Apatosaurus ukurannya besar, tetapi dia memiliki kepala yang sangat kecil. Otak di dalam kepalanya juga berukuran kecil, kira-kira sebesar apel. Dia memiliki gigi yang panjang, tipis, dan berukuran pasak yang tidak terlalu kuat. Gigi barunya akan menggantikan gigi yang sudah rusak. Apatosaurus kemungkinan menggunakan giginya untuk membabat dedaunan dari batangnya.
Apatosaurus berkaki kekar dan berjari lima di setiap kakinya, juga terdapat cakar pada jempol di setiap kaki depannya. Dia juga memiliki tiga cakar pada jempol di setiap kaki depannya. Dia juga memiliki tiga cakar pada setiap kaki belakang. Apatosaurus dapat berdiri di atas kedua kaki belakangnya untuk mempertahankan diri dari pemangsa dan kemungkinan menggunakan cakar di kaki depannya sebagai senjata.
Apatosaurus berumur panjang jika dibandingkan dinosaurus lain. Beberapa Apatosaurus kemungkinan telah hidup selama 50 tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda dan pergunakanlah kata yang sopan. ^^
Terima kasih atas kunjungannya. ^^